The Role of Corporate Social Responsibility in Mediating the Relationship between Profitability and Company Size on Company Value: Empirical Evidence from the Sharia Banking Industry Sector in Indonesia

Authors

  • Tazida Berliana Elma Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Liana Mangifera Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31538/mjifm.v5i1.365

Keywords:

Corporate Value, Corporate Governance, Profitability, Company Size, CSR, Islamic Banking

Abstract

Nilai perusahaan merupakan indikator penting bagi investor untuk menilai prospek bisnis dan keberlanjutan jangka panjang, terutama di perbankan syariah, yang beroperasi di bawah prinsip-prinsip Islam yang beretika. Faktor-faktor seperti tata kelola perusahaan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan dihipotesiskan dapat mempengaruhi nilai perusahaan, sementara tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) muncul sebagai mediator yang relevan karena perannya dalam praktik bisnis yang berkelanjutan. Dengan menggunakan CSR sebagai variabel mediasi, penelitian ini melihat bagaimana ukuran perusahaan, profitabilitas, dan tata kelola perusahaan mempengaruhi nilai perusahaan. Data sekunder dari laporan tahunan empat bank syariah yang terdaftar di BEI (2018-2023) digunakan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis regresi linier berganda dilakukan dengan menggunakan EViews 12, bersama dengan pengujian mediasi melalui uji Sobel. Temuan menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan secara signifikan mempengaruhi nilai perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui CSR. Sebaliknya, tata kelola perusahaan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap CSR atau nilai perusahaan. Studi ini menggarisbawahi pentingnya meningkatkan profitabilitas dan mengoptimalkan skala bisnis untuk meningkatkan nilai perusahaan dan inisiatif CSR. Bagi manajemen bank, hasil penelitian ini dapat memandu kebijakan strategis yang berorientasi pada keberlanjutan, sementara regulator dan investor mendapatkan wawasan tentang faktor penentu utama nilai perusahaan dalam keuangan syariah.

Downloads

Published

2025-05-06

How to Cite

Elma, T. B., & Mangifera, L. (2025). The Role of Corporate Social Responsibility in Mediating the Relationship between Profitability and Company Size on Company Value: Empirical Evidence from the Sharia Banking Industry Sector in Indonesia. Majapahit Journal of Islamic Finance and Management, 5(1), 255–278. https://doi.org/10.31538/mjifm.v5i1.365

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.